6/05/2009

Resensi Film ‘Angels and Demons’

Posted by GUGUN BASUKI on 03.57 No comments

Rahasia Kelam Gereja Vatikan
Vina Ramitha

Sejarah panjang Katolik di Gereja Vatikan menyimpan banyak misteri. Siapa sangka ada sebuah rahasia yang disembunyikan dan digunakan sebagai senjata meraih kekuasaan. Bahkan, ambisi itu membuat kesucian St Peter’s Bassilica ternoda oleh darah.

Dalam film Angels & Demons, perebutan kekuasaan tertinggi itu diwarnai oleh pencurian sebuah sumber energi maha dahsyat yang disebut antimateri. Benda berbahaya yang penciptaannya diawasi secara sembunyi-sembunyi olah Bapa Silvano itu akhirnya jatuh juga di tangan yang salah dan sang pendeta dibunuh.

Pada saat bersamaan, Paus yang memimpin Vatikan meninggal karena penyakit yang diderita. Pukulan untuk gereja seolah kurang cukup, pelaku pencuri antimateri juga menculik empat uskup kandidat pengganti Paus. Pelaku mengaku sebagai ‘Illuminati’, kelompok ilmuwan yang ditentang gereja sejak lama dan telah menghilang.
Hal ini membuat Kepala Kepolisian Vatikan, Inspektur Olivetti (Pierfrancesco Favino) meminta bantuan kepada ahli numerik AS Dr Robert Langdon (Tom Hanks). Sang profesor juga mendapat bantuan salah satu ilmuwan peneliti antimateri, Dr Vittoria Vetra (Ayelet Zurer) dan Komandan Garda Swiss, Richter (Stellan Skarsgard).

Sementara itu, Vatikan yang sedang berduka atas meninggalnya Paus didesak untuk segera mencari pengganti pimpinan tertinggi umat Katolik itu. Para uskup mengadakan pertemuan di ruangan yang tersegel dan pucuk pimpinan Vatikan sementara diberikan kepada asisten Paus, Camerlengo (Ewan McGregor).

Kelompok Illuminati pun makin mengganas, mereka berniat memporakporandakan Vatikan. Mereka berencana menghabisi empat uskup calon Paus, satu persatu mulai pukul 20.00, 21.00, 22..00, dan 23.00. Rencana itu ditutup dengan meledakkan antimateri yang dayanya bisa membumihanguskan seluruh kota tepat pukul 24.00.

Illuminati pun mengirimkan kode berupa video yang harus dipecahkan Langdon, Vetra, dan seluruh jajaran aparat sebelum malam tiba. Masa lalu gereja dan Illuminati yang terkubur rapat, terpaksa dibongkar lagi.

Satu persatu uskup pun terbunuh dan konspirasi besar-besaran terjadi di belakang mendiang Paus sendiri. pa sebenarnya hubungan gereja dengan kelompok yang mengaku sebagai Illuminati itu?

Sukses kembali diraih penulis novel Dan Brown yang sebelumnya juga ‘menyentil’ Gereja Vatikan melalui The Da Vinci Code (2006). Kali ini, Brown agak soft, setelah kontroversi yang terjadi pasca peluncuran film yang juga dibintangi oleh Tom Hanks itu.

Namun Brown sekali lagi membuktikan ia piawai mengkombinasikan unsur sejarah dengan fiksi. Sebab meski sekian lama menjadi topik pembicaraan, kelompok Illuminati belum bisa dibuktikan keberadaannya. Sama seperti karya pertama Brown, pasangan penulis naskah Akiva Goldsman dan sutrada Ron Howard kembali terlibat dalam proyek ini.

Aktor watak Tom Hanks juga kembali menjadi Langdon, seolah karakter itu melekat erat padanya. Angels & Demons sempat mendapat pertentangan dari Gereja Vatikan meski banyak insan film yang mengatakan film ini sama sekali tidak menentang kebijakan gereja. [E1]

Judul Film: Angels & Demons

Pemain: Tom Hanks, Stellan Skarsgard, Ewan McGregor, Armin Mueller Stahl, Ayelet Zurer

Sutradara: Ron Howard

Penulis Naskah: Akiva Goldsman dan David Koepp (Novel: Dan Brown)

Produser (Produksi): Ron Howard, Dan Brown (Columbia Pictures)

Tags : angels and demons, vatikan

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.